Resep Membuat Kue Bawang Gurih

Satu minggu sebelum lebaran, biasanya para ibu mulai disibukkan dengan membuat kue yang beraneka macam jenis dan rasanya. Pemilihan kue yang hendak disajikan untuk tetamu yang bersilaturahim mengucap maaf lahir batin juga menjadi hal yang harus dipikirkan, salah-salah bisa membuat kue buatan kita tidak ada yang mau makan.

Dari sekian banyak pilihan kue lebaran, baik basah ataupun kering, yang paling mudah untuk dibuat adalah kue bawang. Tanpa perlu peralatan seperti oven yang pada pembuatan kue lain menjadi kebutuhan vital, tetapi kue bawang, tidak membutuhkannya.

Kue bawang adalah kue kering yang bisa kamu suguhkan untuk sanak saudara dan kerabat bahkan tetangga dekat yang singgah sementara ke rumah. Rasanya yang khas, renyah, dan gurih terkadang membuat para tamu tidak mau berhenti nggeragas kue bawang buatanmu.

Karena mudah, maka kamu tidak harus kebingungan mencari cara membuat kue lebaran yang enak ini. Mengapa? Karena berikut ini sudah dituliskan apa resep kue bawang renyah dan enak.

Catatan:
Sediakan dahulu alat pembuat pasta atau kulit molen. Apabila tidak punya, alternatifnya adalah botol kaca bekas sirup atau saus yang sudah dicuci bersih. Alat ini dibutuhkan untuk mengatur ketebalan adonan.

Tepung terigu yang digunakan dianjurkan berprotein sedang agar tidak cepat lusuh alias tahan lama jika disimpan di dalam stoples kedap udara.

Bahan utama :

  • 250 gram tepung terigu berprotein sedang
  • 50 gram tepung tepioka
  • 2 butir telur
  • 75 ml santan kelapa kental
  • 50 gram tepung tapioka untuk taburan
  • Minyak goreng secukupnya

Bumbu halus:

2 butir bawang merah
4 siung bawang putih
1 sendok makan garam dapur
2 sendok makan daun seledri, cincang halus

Cara Membuat Kue Bawang Renyah Spesial Lebaran :

1.    Pertama, buat adonan dengan mencapur tepung terigu, tapioka, bumbu halus, santan, dan telur. Aduk dan uleni adonan hingga rata dan kalis.
2.    Kedua, taburi daun seledri cincang.
3.    Ketiga, giling adonan beberapa kali hingga ketebalannya tidak lebih daru 2 mm dengan alat penggiling.
4.    Keempat, letakkan adonan pipih di atas talenan, lalu potong-potong dan bentuk sesuai selera. Setelah itu taburi dengan tepung teriigu agar tidak lengket ke adonan lain.
5.    Terakhir, panaskan minyak pada wajan. Goreng adonan hingga kuning kecokelatan. Angkat, tiriskan hingga minyak benear-benar tiris.

Simpan kue dalam stoples kedap udara, keluarkan ketika para tamu datang. Kamu sudah berhasil mengikuti resep kue bawang enak ini.

Sumber: https://masakanmudah.info

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s